Kasus Indomie Terindikasi Perang Bisnis Semata

Summary:kangavuse
Sangat mengherankan. Produk ekspor Indonesia yang berkualitas, Indomie baru-baru ini dikatakan mengandung bahan berbahaya salah satunya yakni Nipagin atau sering kali disebut Methyl Para-hidroxy Benzoat. Temuan ini dilaporkan oleh pemerintah Taiwan menyusul kemudian dilakukannya sweeping dan penarikan besar-besaran terhadap semua produk mie instan berlabel Indomie dari pasaran negara tersebut.

Perlu diketahui bahwa standar produk Indomie khususnya pada kandungan Nipagin ternyata sudah sesuai dengan standar Codex Alimentarius Commission (CAC), suatu badan yang didirikan oleh Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Menurut Balai POM Indonesia, standar ini pun sudah sesuai dengan kelayakan konsumsi masyarakat Indonesia. Simak beberapa patokan kadar maksimum Nipagin di beberapa neggara di dunia sebagai berikut:

1. Hongkong : Nipagin yang diperbolehkan 550 mg/kg BB
2. Brunei Darussalam: Nipagin yang diperbolehkan 250 mg/kg BB
3. Indonesia: Nipagin yang diperbolehkan 250 mg/kg BB
4. Singapura: Nipagin yang diperbolehkan 250 mg/kg BB
5. Amerika Serikat: Nipagin yang diperbolehkan 1000 mg/kg BB
6. Kanada: Nipagin yang diperbolehkan

Standar Nipagin Indonesia 250 mg/kg berat badan sudah sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa. Bahkan Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Taufik Wiraatmadja telah mengatakan bahwa produk mie instan Indomie telah memenuhi persyaratan dan peraturan Departemen Kesehatan Biro Keamanan Makanan Taiwan.

Hal ini cukup disayangkan oleh berbagai pihak terutama kalangan bisnis yang mengetahui hal ini sebagai suatu taktik tersendiri dari pihak pemerintah Taiwan mengingat produk mie instan dalam negeri mereka memang kalah saing terhadap mie instan luar, khususnya Indomie. Produk mie instan Indomie dikenal luas masyarakat Taiwan sebagai produk yang paling murah, paling sederhana, mie yang lebih padat dan rasanya yang enak. Pihak PT Indofood telah menyiapkan beberapa langkah di Taiwan guna mengatasi permasalahan yang mencuat ini.

Kasus Indomie Terindikasi Perang Bisnis Semata Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2062208-kasus-indomie-terindikasi-perang-bisnis/