Latest Entries »

Kasus Indomie di Taiwan

Kasus Indomie Terindikasi Perang Bisnis Semata

Summary:kangavuse
Sangat mengherankan. Produk ekspor Indonesia yang berkualitas, Indomie baru-baru ini dikatakan mengandung bahan berbahaya salah satunya yakni Nipagin atau sering kali disebut Methyl Para-hidroxy Benzoat. Temuan ini dilaporkan oleh pemerintah Taiwan menyusul kemudian dilakukannya sweeping dan penarikan besar-besaran terhadap semua produk mie instan berlabel Indomie dari pasaran negara tersebut.

Perlu diketahui bahwa standar produk Indomie khususnya pada kandungan Nipagin ternyata sudah sesuai dengan standar Codex Alimentarius Commission (CAC), suatu badan yang didirikan oleh Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Menurut Balai POM Indonesia, standar ini pun sudah sesuai dengan kelayakan konsumsi masyarakat Indonesia. Simak beberapa patokan kadar maksimum Nipagin di beberapa neggara di dunia sebagai berikut:

1. Hongkong : Nipagin yang diperbolehkan 550 mg/kg BB
2. Brunei Darussalam: Nipagin yang diperbolehkan 250 mg/kg BB
3. Indonesia: Nipagin yang diperbolehkan 250 mg/kg BB
4. Singapura: Nipagin yang diperbolehkan 250 mg/kg BB
5. Amerika Serikat: Nipagin yang diperbolehkan 1000 mg/kg BB
6. Kanada: Nipagin yang diperbolehkan

Standar Nipagin Indonesia 250 mg/kg berat badan sudah sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa. Bahkan Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Taufik Wiraatmadja telah mengatakan bahwa produk mie instan Indomie telah memenuhi persyaratan dan peraturan Departemen Kesehatan Biro Keamanan Makanan Taiwan.

Hal ini cukup disayangkan oleh berbagai pihak terutama kalangan bisnis yang mengetahui hal ini sebagai suatu taktik tersendiri dari pihak pemerintah Taiwan mengingat produk mie instan dalam negeri mereka memang kalah saing terhadap mie instan luar, khususnya Indomie. Produk mie instan Indomie dikenal luas masyarakat Taiwan sebagai produk yang paling murah, paling sederhana, mie yang lebih padat dan rasanya yang enak. Pihak PT Indofood telah menyiapkan beberapa langkah di Taiwan guna mengatasi permasalahan yang mencuat ini.

Kasus Indomie Terindikasi Perang Bisnis Semata Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2062208-kasus-indomie-terindikasi-perang-bisnis/

Astronomi

Ophiuchus; Zodiak kini ada 13

Summary:kangavuse


Meski telah beberapa tahun berselang dari waktu diketemukannya, ternyata Ophiuchus, rasi bintang ke-13 masih saja asing di telinga kita. Mungkin acap kali terdengar bahwa rasi bintang yang kita kenal ada 12. Di Koran-koran, televisi, bahkan beberapa situs dan media-media perzodiakan masih menganggap bahwa rasi bintang ada 12. Itu salah besar. Sangat mengherankan bahwa kekeliruan ini tidak serta merta dibenahi. Hingga kabar pertambahan rasi bintang ini menjadi seakan sirna ditelan waktu.

Selama ini, kita telah mengenal dengan akrab 12 zodiak yang sangat popular, yakni: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpius, Sagittarius, Capricornus, Aquarius, dan Pisces. Padahal jumlah zodiak ini sekarang tengah bertambah, dan bisa jadi Anda dapat berpindah zodiak dari Libra menjadi Virgo, Leo menjadi Cancer, dan sebagainya. Ini dikarenakan rasi bintang ke-13 yakni Ophiuchus.

Dahulu, rasi Ophiuchus tidak memiliki lambang dan terletak diantara Scorpio dan Sagittarius. Belakangan setelah diketahui keberadaannya akibat pergeseran lintasan tata surya, maka eksistensi dari Ophiuchus pun diketahui dan dilambangkan sebagai gambar pawang ular. Praktis hal ini menggeser bulan-bulan tanggal zodiak. Simak berikut ini:

1. Capricornus: antara 21 Jan – 16 Feb (26 hari)

2. Aquarius: antara 16 Feb – 11 Mar (24 hari)

3. Pisces: antara 11 Mar – 18 Apr (38 hari)

4. Aries: antara 18 Apr – 13 Mei (25 hari)

5. Taurus: antara 13 Mei – 22 Jun (40 hari)

6. Gemini: antara 22 Jun – 21 Jul (29 hari)

7. Cancer: antara 21 Jul – 10 Ags (20 hari)

8. Leo: antara 10 Ags – 16 Sep (37 hari)

9. Virgo: antara 16 Sep – 31 Okt (45 hari)

10. Libra: antara 31 Okt – 23 Nov (23 hari)

11. Scorpius: antara 23 Nov – 29 Nov (6 hari)

12. Ophiuchus: antara 29 Nov – 18 Des (19 hari)

13. Sagitarius: antara 18 Des – 21 Jan (34 hari)

Silahkan cermati dan rekomendasikan berita ini kepada rekan, sahabat, sejawat, teman dan keluarga Anda. Sehingga nantinya misspersepsi zodiak tidak lagi terjadi. Mungkin Anda penggemar ramalan zodiak? bisa jadi hal ini sangat berpengaruh pada kehidupan Anda. Semoga bermanfaat.

Ophiuchus; Zodiak kini ada 13 Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2061029-ophiuchus-zodiak-kini-ada-13/

Kisah Penemuan Goa Lawa

Banyak yang tidak tahu keberadaan salah satu goa kebanggaan negeri ini: Goa Lowo. Goa yang merupakan goa terpanjang se-Asia Tenggara. hanya saja eksplorasinya belum menyeluruh, bahkan belum selesai hingga saat ini. Itulah mengapa masih banyak misteri mengenai goa ini. Berikut adalah kisah sejarah bagaimana goa ini bisa ditemukan. Cerita ini sangat misterius,  tidak ada yang tahu pasti bagaimana kisah ini berawal, namun inilah sejarah yang paling dipercaya penduduk di sekitar hutan jati trenggalek. Simaklah baik-baik.

Alkisah dahulu kala ada seorang pertapa bernama Lomedjo berniat mencari ilmu dengan bertapa di sebuah tempat di hutan yang mana masyarakat sekitar menyebutnya dengan Kedung Biru. Letak Kedung ini hanya sekitar 600 meter saja dari lokasi yang kita kenal sekarang sebagai Gua Lowo. Namun saat itu, lokasi itu masih tersembunyi oleh lebatnya hutan dan terpencilnya daerah tersebut karena memang wilayah tersebut masih berupa hutan lebat dan belum terjamah.

Pemuda yang bernama Lomedjo ini memang memiliki niatan untuk bertapa dan membersihkan diri. Maka ia tinggal di tempat itu selama beberapa hari beberapa malam untuk menjalankan niatnya. Belum genap seminggu ia bertapa tiba-tiba ia dikejutkan oleh suara mendesing dari arah barat daya. Ia mendapati setiap malam suara-suara aneh itu terus saja berulang-ulang terdengar. Awalnya ia tidak menggubris suara yang mirip seperti deru gasing yang terdengar seperti datang dari langit dan menghilang ke arah barat daya tempat ia bertapa. Namun, suatu malam ia mendapat kasyaf yang aneh. Ia didatangi makhluk berjubah hitam yang menyeramkan. Dengan dua tanduk yang meruncing di kepalanya. Makhluk itu datang dari kegelapan dan tiba-tiba saja ada di hadapannya. Makhluk itu hanya berkata dengan berbisik kepada Lomedjo, supaya ia mendatangi tempat di mana bunyi desing itu datang. Tak berapa lama, makhluk itu tiba-tiba saja menghilang, lenyap begitu saja. Semalaman Lomedjo memikirkan hal tersebut, hingga akhirnya ia memutuskan berhenti bertapa dan menuju ke barat daya, ke arah datangnya bunyi desing yang misterius itu.

Saat ia menelusuri hutan ke arah barat daya, tiba-tiba suara itu muncul lagi. Mendesing dan kali ini terdengar cukup keras yang muncul dari langit. Ia melihat sebuah benda aneh terbang dari langit yang kebetulan saat itu cerah berbintang. Benda itu berwarna hitam dan melesat sangat cepat seiring bunyi desing aneh itu, menghujam ke bumi, beberapa puluh meter dari arah Lomedjo berdiri. Kontan saja ia berlari menuju tempat lenyapnya benda aneh itu. Dan ketika sampai di tempat tersebut, ia menemukan sebuah pintu goa yang tertutup pohon-pohon jati yang lebat. Ia masuk dan menyusur goa yang gelap itu. Menyusur dan terus menyusur goa yang ternyata sangat dalam itu. Ia berhenti tatkala ia melihat cahaya. Ia mengintip dari kejauhan. Begitu tersentaknya ia. Lomedjo sangat kaget dan terperanjat melihat apa yang ada di depannya! Apakah yang ia lihat??

Ya, benar! Ia melihat Batcave, markas Batman di gua itu. Lengkap dengan pesawat dan batmobilnya! Ia terperangah dan hampir tak percaya sehingga ia berteriak-teriak kegirangan sambil berlari keluar hingga ke desa-desa sekitar hutan jati. Masyarakat desa yang tidak percaya lalu berbondong-bondong datang dan benar saja, mereka mendapati markas Batman di gua itu. Dasar masyarakat Indonesia yang miskin dan bodoh, maka mereka malah menjarahi Batcave dan membuat Batman kelimpungan sehingga ia bersama Robin akhirnya terpaksa hijrah ke kota Gotham, yang kini dikenal orang sebagai kota New York. Jika saja dulu masyarakat kita tidak berlaku anarkis, mungkin Batman akan popular di Indonesia dan menjadi aset negeri ini. Maka dari itu, untuk mengenangnya, masyarakat di sekitar gua hutan jati itu menamai gua itu sebagai Gua Lowo, atau Gua ‘kelelawar’.

Hahaha. That’s all just joke. Semoga saja menghibur. Sejarah penemuan Gua Lowo yang sebenarnya bisa Anda baca di sini. Semoga bermanfaat.

simak pula informasi mengenai gua ini:
Sejarah penemuan Gua Lowo (ni nggak boongan ^^)

PTC Palmbux terindikasi SCAM

Sudah dua hari ini terhitung saya tidak bisa log in pada situs PTC (Paid to Click) Palmbux.com. Entah mengapa setiap kali saya mengetikkan http://palmbux.com atau https://palmbux.com saya sama sekali tidak bisa mengaksesnya. Boro-boro melihat halaman awalnya, saya ulang ulang hingga jenuh saja tampilannya seperti ini:

Apakah akun saya tersuspend? Entahlah. Saya ingat kembali, adakah mungkin kesalahan atau hal-hal yang dapat membuat akun saya tersuspend. Saya buka forumnya di alamat: http://palmbuxforum.com. Saya bisa masuk ke forum. Perasaan saya sudah agak lega. Saya bisa minta tolong anggota member lain pikir saya. Lalu saat saya berinisiatif membuat thread baru untuk minta tolong, ini yang saya jumpai:

Wah, jadi akun saya tersuspend nih? Tanpa peringatan dan saya yakin seyakin-yakinnya tidak melanggar satupun poin Term of services (TOS)nya! Bagaimana ini bisa terjadi. Atau mungkin hanya temporary semata? saya coba hubungi adek saya yang menjadi salah satu referral saya. Saya instruksikan untuk membuka PTC ini di kompi nya. Ternyata, dia bisa login. Bisa juga klik iklan. Bisa juga buka help desk nya.

Hanya saja kejanggalan mulai terjadi ketika dia saya suruh membuka ‘Ticket supportnya’. inisiatif saya sih mau mencari tahu alamat support ticket atau meminta bantuan admin via akun adek saya. Tapi alangkah terkejutnya saya ketika yang muncul adalah sebagai berikut:

Yup! support ticketnya OFFLINE!! becanda apa nih! Pikir saya sudah mulai sudzon sama si Palmbux. untuk lebih memastikan, adek saya saya suruh buka juga forumnya di http://palmbuxforum.com. Apa yang terjadi ketika dia mau log in?? Dia dikatakan salah password. OK deh salah password mungkin keliru untuk inputnya, so saya minta dia ulang lagi. Dan ternyata memang dikatakan salah password!!

Saya minta dia untuk recovery password karena memang ada fasilitas untuk itu. Apa yang terjadi setelah dia memasukkan emailnya??

ni screenshotnya:

Yups, dia dikatakan SALAH EMAIL. Gila apa.. (email ade saya sudah dipastikan benar alamatnya, diinboxnya juga masih ada tuh email konfirmasi dari Palmbux)

Pikiran saya sudah tentu mengarah pada hal yang paling buruk yang saya takutkan sebelumnya. Iya.. bahwa PTC ini mulai terindikasi SCAM. Sudah mulai terendus. Dan saya kira mungkin sudah demikian. Maka berhati-hatilah rekan-rekan sekalian. Kalau Anda juga pemain PTC seperti saya, dan sudah hampir Cashout di PTC ini, mending ambil saja selagi (mungkin) masih bisa. Akun saya sudah hampir 2 dolar di sini. Saya tidak tahu, apa mungkin ini hanya prasangka saya.. Saya harap apa yang saya alami tidak pula dialami oleh member-member lain. Keep waspada buat semua.

[Penting!]Larangan Mengenakan Jilbab

Mengerikan. Di salah satu forum ditemui pengalaman seorang yg mendamba berhijab, yg hidup di tengah himpitan zaman yang semakin maju. Betul-betul miris banget. Sebagai seorang muslim, hal ini patut kita cermati mengapa bisa sampai terjadi. Mohon disimak baik-baik sebelum berkomentar.

(16/08/2010) Peristiwa bentrok antara SATPOL PP dan massa di makam Mbah Priok beberapa waktu lalu, membawa dampak dalam kehidupan sebuah keluarga muslim. Ada seorang anak teman saya, suatu hari terpanggil untuk memakai jilbab. Karena hatinya sudah tetap, dia pun pergilah ke toko muslim untuk membeli jilbab. Setelah membeli beberapa pakaian muslim lengkap bersama jilbab dengan berbagai model (maklum teman saya itu stylish sekali), dia pun pulang ke rumah dengan hati suka cita.

Sesampainya di rumah, dengan bangga dia mengenakan jilbabnya. Ketika dia ke luar dari kamarnya, bapak dan ibunya langsung menjerit. Mereka murka bukan main dan meminta agar anaknya segera melepaskan jilbabnya.

Anak itu tentu merasa terpukul sekali…bayangkan: Ayah ibunya sendiri menentangnya untuk mengenakan jilbab!.

Si anak mencoba berpegang teguh pada keputusannya akan tetapi ayah ibunya mengancam akan memutuskan hubungan orang-tua dan anak bila ia berkeras.Dia tidak akan diaku anak selamanya bila tetap mau menggunakan jilbab. Anak itu menggerung-gerung sejadi-jadinya.

Dia merasa menjadi anak yang malang sekali nasibnya. Tidak berputus asa, dia meminta guru tempatnya bersekolah untuk berbicara dengan orang tuanya. Apa lacur sang guru pun menolak.Dia mencoba lagi berbicara dengan ustad dekat rumahnya untuk membujuk orangtuanya agar diizinkan memakai jilbab… Hasilnya? Nol besar! Sang ustad juga menolak mentah-mentah.

Belum pernah rasanya anak ini dirundung duka seperti itu. Dia merasa betul2 sendirian di dunia ini. Tak ada seorang pun yang mau mendukung keputusannya untuk memakai jilbab.

Akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan cara terakhir. Sekali lagi dia menghadap orang tuanya dan berkata pada orang tuanya,

“Ayah dan ibu yang saya cintai. Saya tetap akan memakai jilbab ini.Kalau tidak diizinkan juga maka saya akan bunuh diri.”

………… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ………………… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ………… ……….. …………. ……. ………. ……. ………… ……….. …………………… …….. …………. ………. ………. ………… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ……… ………………… ……… ……… ……… ……………… ……… ……… ……….. …………. ……….. ……………….. ………………… ……………… …………. …………… ………………… …….

Sejenak suasana menjadi hening. Ketegangan mencapai puncaknya dalam keluarga itu. Akhirnya sambil menghela napas panjang, si ayah berkata dengan lirih;

“Oalah…Bambang…!! Kalo kamu cewek bapak seneng kamu pake jilbab……Lha kamu itu laki-laki koq mau pake jilbab?! Apa kata orang nanti…!!.” haha.

Just kidding ternyata ini semua hanya lelucon belaka….

dikuti dengan perubahan dari  sini. happy fasting, happy ramadhan.

Keep smiling in ramadhan😀

Menulis itu mudah. tapi tak semudah untuk memulainya. Banyak orang bergumam bahwa mengarang cerita adalah hal sepele. semua orang bisa melakukannya. Bahkan cukup renyah menceritakan pengalaman kepada sahabat dan teman dekat di mana saja dan kapan saja. Padahal sadarkah bahwa orang yang lihai dan menarik ketika bercerita belum tentu ceritanya menarik ketika ia menuliskannya?. Senyatanya memang demikian. Banyak orang berfikir dua, tiga, bahkan sampai berpuluh kali tatkala ingin menuliskan suatu narasi dalam selembar kertas. Meskipun cerita itu adalah dongeng yang telah ia dengar berulang-ulang sedari masa kanak-kanaknya.

Memang, gaya tulisan cukup bermacam. Lebih mirip sebagai “sidik jari” yang hampir tak bisa disamai antar orang perorang. Namun permasalahan klasik yang selalu membayangi selalu saja sama; bagaimana untuk memulainya?.. Bahkan meski kerangka pikirnya sudah ada dan matang sekalipun.

Prolog adalah pengenalan dari narasi yang cukup penting. Posisinya membuat seorang pembaca cerita untuk ‘tetap tinggal’ ataukah ‘say good bye’ pada tulisan kita. Percuma saja cerita kita sespektakuler apapun jika prolognya tak mampu ‘mengikat’, ‘menggigit’, dan ‘membius’ pembacanya untuk tetap membaca dan mulai ingin tahu kelanjutan cerita kita. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk membimbing diri kita dalam memulai suatu tulisan. Metode ini dikutip dari beberapa sumber artikel yang cukup bagus dan bermanfaat. Yang perlu diingat di sini, metode di bawah ini hanyalah gaya prolog semata, perihal diksi dan corak bahasa, itu kembali pada diri kita masing-masing, yang tentunya memberikan sesuatu yang khas, yang membedakan antara satu tulisan dengan tulisan yang lain.

1.Mulailah dengan Dialog

“Hanun, pergilah ke rawa di seberang Bukit Barisan! Biasanya di sana tumbuh aneka bunga. Petiklah setangkai dua tangkai untukku! Rasanya, penat ini terlerai bila memandang bunga-bunga,” pinta Kakek. Matanya mengedip-ngedip pelan, kulit lisutnya mengernyit dan lewat sorotan matanya, Kakek tidak lagi seriang dulu. (dari “Bunga dari Peking”, cerpen Zelfeni Wimra)

2. Mulailah dengan Deskripsi Tokoh

Lelaki tua itu masih berbau rusa dan kaus oblongnya yang lusuh masih menebar bau pembakaran yang tidak sempurna. Sangit…. (dari “Kitab Salah Paham”, cerpen Puthut EA)

3. Mulailah dengan Berita di Koran, Televisi, atau media berita lainnya

Jumlah anak balita kurang gizi di Indonesia sekitar 23 juta. Dampak kurang gizi adalah terhambatnya pertumbuhan otak dan fisik. Begitu melewati usia dua tahun tanpa asupan gizi seimbang, kondisinya tak dapat diperbaiki lagi. Citra CT-scan akan memperlihatkan gambar otak yang tidak padat alias otak kosong…. Bersiaplah memanen generasi yang hilang. Tidak lama, cuma dua dasawarsa lagi. (Kompas, Selasa 11 Oktober 2005)

4. Mulailah dengan Adegan

Ia menulis puisi panjang di depan sebujur tubuh kaku istrinya. Tidak ada kata-kata; mati, kematian dan airmata di dalam puisi itu, yang adalah buah apel, meja makan, dan yang paling banyak adalah: usaha mati-matian. (“Kematian Seorang Istri”, cerpen Puthut EA)

Seminggu setelah perceraiannya, perempuan itu memasuki sebuah kafe, dan memesan Rembulan dalam Cappucino. Ia datang bersama senja, dan ia harus menunggu malam tiba untuk mendapatkan pesanannya. (“Rembulan dalam Cappucino”, cerpen Seno Gumira Ajidarma)

5. Mulailah dengan Seting Tempat

Dalam satu badai rasa jemu, ia terdampar di taman dan duduk di kursi sambil memakan jagung rebus begitu perlahan, sebutir demi sebutir, seolah di butir terakhir ia akan bertemu kematian…. (“Cinta Tak Ada Mati”, cerpen Eka Kurniawan)

Viborg is a city in Denmark. It is an old city, but it has only  a few buildings. A great fire destroyed most of the old town in 1726. (“Room 13”, by Mr.James)

Dari jauh sudah terlihat pohon itu berdiri tegak di tengah padang. Setelah berhari-hari menempuh daerah yang kering kerontang dan terpanggang matahari, pemandangan yang rimbun seperti itulah yang sekarang kubutuhkan…. (“Sebatang Pohon di Tengah Padang”, cerpen Seno Gumira Ajidarma)

Dikutip dengan perubahan dari forum kaskus.us

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat menulis. Selamat mengukir sejarah diri>..

senyum adenium

Merah marun. Merah cerah. Kuning. Jingga. Bunga adenium yang bermekaran di pekarangan rumah selalu nampak memukau di kala pagi. Tetes embun yang membalut, menjadikannya makin mempesona. Apalagi dengan polesan sinar mentari pagi yang kuning cerah, membuatnya makin memikat saja. Meski sekejap, hampir tiap pagi aku memandanginya. Dan kau tau? itu membuatku bersemangat! Aku merasa ada sesuatu yang merasuk ketika aku melihatnya. Menyeruakkan semangat hati ini. Seakan mereka bersorak girang, “semangat pagi irfaan,..”. Ahh, damainya pagi di rumah tercinta.

Masih ingat kala dulu mereka masih kecil-kecil, masih berupa biji-biji mungil yang rapuh, begitu ringan hingga tanpa sulur-sulurnya pun mereka dapat diterbangkan dengan mudah oleh angin yang berhembus. Biji-biji adenium memiliki sulur-sulur halus mirip sekali dengan bulu domba, namun jauh lebih ringan. Secara alami, tatkala mereka sudah cukup umur, kelopak penahannya akan terbuka, dan mereka akan diterbangkan oleh angin hingga jatuh di suatu tempat dan tumbuh di sana. Makanya, dulu ketika sudah terlihat kelopak penahan bijinya matang, aku tutup dengan plastik supaya mereka tidak diterbangkan angin. Jika sudah terlihat banyak biji yang keluar, kupetik saja kelopaknya dan kukumpulkan biji-bijinya. Setelah melepas sulurnya satu persatu, barulah mereka kutanam di pot kecil-kecil. Jika sudah terlihat besar, barulah mereka dipindahkan ke pot yang lebih besar. Dan kini mereka sudah besar dan meranum, bahkan sudah mempersembahkan mahkotanya yang terindah, yang dengan riang selalu menyapaku di kala pagi. Melepaskan semua kepenatan yang berjibun di ubun-ubun.

Namun, sering kali akhir-akhir ini tiba-tiba aku tersentak tatkala memandangi jajaran bunga-bunga adenium itu. Satu hal yang menyisip dan sangat menggetarkan. Bahwa rasa yang timbul tatkala memandangi mereka yang kutanam, kupupuk, kubesarkan, dan kurawat hingga berbunga indah adalah suatu kebanggaan tersendiri, lalu bagaimana denganku? Bagaimana dengan diriku sendiri yang hampir 22 tahun hidup dan dirawat oleh bapak dan ibu ku? Ya. Aku selalu teringat kepada mereka ketika memandangi bunga adenium itu. Sosok-sosok luar biasa yang telah membesarkan aku dengan susah payah. Merawat dan mendidikku dengan kasih sayang yang tumpah ruah. Selalu menjagaku dengan penuh suka cita. Bahkan memberikanku yang terbaik dari sisi mereka.. Akankah mereka bangga denganku? Akankah ku bisa membahagiakan mereka? Bahkan sampai detik-detik terakhir semester delapan ini.. Sampai gelar S.Ked pun, apa yang bisa kuberikan untuk mereka?

Begitu berderainya rasa ini. Bunga-bunga adenium itu telah mengingatkanku betapa besar jasa-jasa orangtuaku. Betapa bapak dan ibuku telah membesarkanku dari bayi yang rapuh dan rewel kini menuju ambang kedewasaan yang penuh tantangan di luar sana. Mulai hari ini aku berjanji melakukan yang terbaik. Demi bapak dan ibuku, demi masa depanku. Hingga ku bisa mekar di masa-masa dewasa ini, sebagaimana bunga-bunga adenium itu yang luar biasa indahnya ketika mereka dewasa dan meranum. Hingga memberikan kebanggaan yang sempurna demi orangtuaku. Ya Rabb, semoga cita ini Kau kabulkan.. Kau lancarkan. Amiin.

Tahukah Anda? bahwa kita sangat menyepelekan beberapa hal saat mengisi bensin untuk motor kita tersayang. Terutama adalah pilihan waktunya. Kapan Anda mengisi bensin bisa jadi sangat berpengaruh terhadap kualitas kejernihan bensin yang Anda beli. Waktu di pagi hari, atau larut malam adalah waktu terbaik karena bensin di saat itu bisa jadi lebih jernih daripada waktu-waktu yang lain. Kualitas bensin sangat mempengaruhi mesin, karena mau tidak mau bensin jelas harus kontak dengan mesin untuk selanjutnya dilakukan pembakaran. Bensin yang kotor tentu kurang bagus untuk kesehatan motor kita. Meskipun Anda membelinya di Pom-pom bensin resmi sekalipun! Kenapa bisa demikian? simak beberapa hal berikut:

  1. Pertimbangkan mengisi bensin ketika pagi atau malam hari. Ketika siang hari, suhu mulai memanas, terjadi aliran konveksi pada simpanan deposit bensin di tangkinya. Jadi jika hari sudah mulai siang, bensin akan mulai meningkat suhunya sesuai meningkatnya suhu di permukaan tanah tempat ia disimpan. Dengan begitu terjadi aliran konveksi sebagaimana jika Anda merebus air. Kotoran yang mengendap di bawah pun mulai terangkat, dan partikel ini akan serta merta terhisap oleh mesin ketika Anda membeli bensin ketika hari beranjak siang. Jelas partikel ini akan mengotori karburasi Anda. Maka pertimbangkan mengisi bensin di pom-pom bensin pada pagi hari, atau telah larut malam.
  2. Hindari mengisi bensin ketika pom bensin sedang diisi ulang. Aliran bensin yang sedang digelontorkan dalam tangki deposit serta merta akan membuat kotoran yang telah mengendap di dasar tangki memburai. Sangat mungkin ikut terhisap ketika Anda mengisi bensin.
  3. Secara langsung kita untung kalo membeli bensin di saat suhu rendah. Ketika suhu dingin, maka densitas bensin berada dalam kondisi paling tinggi. Ini berarti kondisi partikel bensin dalam kondisi paling rapat, dan akan memuai ketika suhu beranjak naik. Sehingga dalam takaran volume sama, Anda mendapatkan bensin lebih banyak ketika suhu dingin. Karena 2 liter bensin di kala suhu rendah lebih banyak daripada 2 liter bensin ketika suhu tinggi.
  4. Suhu terendah di bumi adalah ketika pukul setengah tiga pagi. Pada saat siang, tanah menyerap panas dan tetap menyimpannya di kala malam hari dan terus menerus menurun hingga sekitar jam setengah 3 pagi betul-betul tidak ada panas di dalam tanah. Pada jam itu juga tidak ada hembusan angin, karena tidak ada beda suhu di permukaan bumi. Begitu juga dalam tangki deposit bensin. Maka mengisi bensin di pompa bensin jam-jam ini sangat tepat.

so, mari pertimbangkan kapan waktu untuk mengisi bensin. Bukan berarti keharusan untuk memilih waktu larut malam atau pagi buta. Tapi alangkah baiknya jika kita luang, ambil waktu-waktu di atas karena jelas lebih bagus untuk kesehatan motor kita daripada waktu-waktu yang lain. Mari sayangi motor kita😀

Lagu “cavatina” emang lebih enak didengerin daripada “romance de amor”.
Aku bukan extremis lagu jazz, tapi aku juga tidak pro lagu classic. Tidak serta merta lagu2 jazz lebih baik daripada classic. Meski untuk lebih mudah bermain jazz seseorang sebaiknya memiliki basic penguasaan teknik-teknik lagu classic, tentu bukan berarti jazz berkasta lebih tinggi daripada classic. Semua memiliki ciri dan kekhasan masing-masing.
Note petikannya memang lebih rumit, tapi jelas bukan itu yang membuat cavatina lebih berasa di hati. Bagiku, cavatina lekat pada hal-hal rumit, dinamis, perfeksionis, sekaligus melankolis dan romantis. Sedang romance de amor sarat akan kesederhanaan, stagnansi, lugas, mudah, romantis dan apa adanya. Keduanya menampilkan sisi yang hampir berseberangan. Aku lebih suka pada hal-hal yang dinamis dan lebih rumit maka tidak keliru andai aku mengatakan cavatina lebih baik daripada romance de amor.
Sebagaimana seorang wanita lebih menyukai bunga anggrek daripada mawar, atau musisi yang lebih senang memilih gitar fender daripada gibson, terdapat kebebasan di sana. Pun dengan latar belakang alasan irasional bin emotif sekalipun. Mengingat kembali bangsa ini yang pernah (dan masih) suka berpikir emotif, aku jadi geli sendiri. Ambil saja contoh, bagaimana kualitas kepemimpinan seorang jusuf kalla masih dianggap kurang oleh rakyat daripada seorang Megawati? Rakyat kita masih mengelukan sosok Soekarno yang benar-benar disegani dunia. Soekarno yang proklamator itu hebat. Namun, adakah jaminan anaknya juga hebat? Soekarno membangun bangsa. Tapi, putrinya malah menjual (aset) bangsa. Berapa aset negara yang terjual? Satelit palapa aja yang kita bangga2kan itu turut dijual. Masyarakat pengguna web kudu ngerti ni kalo kita bergantung kabel bawah laut. Kalo selat malaka gempa, kabelnya ke”cut”, tamatlah indonesia jadi negara terpencil. Pada nggak bisa online-an lagi. Transaksi online ngadat. Bakal kayak apa ya ekonomi kita.. Nah lo, dengan track record kaya gini bagaimana megawati masih meraih suara hampir 30% rakyat kita pada pilpres kemaren? Benar-benar emotif dan tak logis.
Maka benar adanya bahwa pilihan hati mencerminkan diri. Mungkin rakyat kita masih terlalu emotif. Lebih memilih artis menjadi walikota ketimbang para politikus ulung yang mumpuni di bidangnya. Lebih bersimpati pada orang teraniaya padahal belum mengerti tendensi yang melandasi; fenomena inul & manohara. Walaupun toh sebenarnya aspek emotif memang tidak selalu lebih buruk daripada aspek rasio. Hal ini dikarenakan refleksi atas pilihan yang diambil jelas tidak 100% melukiskan keadaan diri sesungguhnya dari seseorang. Maka dari itu, boleh2 sajalah mengatakan cavatina lebih bagus daripada romance de amor. Meskipun aku suka keduanya, tapi Cavatina lebih merefleksikan diriku. Cavatina lebih menyita aspek emotifku. Tentu berdasar pada segala aspek logis dan psikologis yang kurasakan..
“Jangan pernah merasa takut, yang takut hanya cecurut”. Ni kata-kata almarhum Hari Roesli dalam suatu iklan di layar kaca sekitar lima tahun yang lalu. Meski uda ‘jadul’, tapi kata-kata ini berasa menohok. Iklan pas semasa aku SMA ni simple. Tapi cukup mengena. Apalagi bagi pecundang bermental cecurut kaya aku. Walau pecundang, siapa mau dikata mirip tikus curut! Makanya kata-kata bung Hari ni terasa dalem. Sangat lekat hingga ku ingat sampe saat ini.
Tikus curut itu bukan tikus werog yang gedhe itu. Yang kekar. BMI nya overload. Yang diminati bakul2 mie ayam buat melirik sumber daging ‘ayam’-nya yang baru. Haha. Tentu cukup beralasan kalo dr.Tantoro menyuruh kita makan tuh hewan pengerat. Memang kandungan proteinnya tinggi, tapi benar-benar jauh dari sertifikat ‘halal’ MUI. Tikus curut juga tak semenarik tikus whistar yang putih itu. Yang selalu aja jadi primadona sample uji di lab-lab kesehatan. Tikus curut juga jauh beda dengan tikus rumah yang pinter loncat ma manjat itu. Tikus curut menghuni kasta terendah dalam dunia per-tikusan. Mereka tinggal di got-got yang bau. Tanpa di comberan pun mereka sudah bau dengan aroma khasnya yang memuakkan itu. Disamping memang tubuh mereka yang kecil item, jauh dari kesan mungil dan menggemaskan. Whatever. Tapi aku paling benci disamakan dengan curut.
Bukan berarti aku menghina curut lho. Tapi hidup manusia tidak bisa dikatakan seperti curut. Lagian curut mana yang bisa hidup kayak manusia. Itu dua variabel tak berhubungan. Kalau digayutkan secara radikal, akan muncul istilah humanis ‘tidak berperikemanusiaan’. Tapi penggunaan paduan keduanya dalam kontekstual yang tepat bakal memberi makna lebih. Makanya kata-kata bung Hari sangat berarti bagiku. Paling tidak hasratku lebih berkobar setelah mendengarnya. Hari ini aku ingin mengingatnya kembali lekat-lekat. Aku ingin menancapkan lagi apa yang dulu pernah ada di hati ini; S.E.M.A.N.G.A.T.K.U. Semangat irfan !!

View full article »